popularlooki.blogg.se

Gpass durham
Gpass durham










Di antara doktrin yang mereka bangun adalah kepemimpinan laki-laki, ketaatan mutlak seorang istri pada suami, kebolehan laki-laki berpoligami. Ini artinya juga kontrol atas tubuh dan cara perempuan berpakaian.įenomena lain muncul dalam bentuk kontrol atas moralitas (yang dipersempit dalam pemaknaan moralitas seksual perempuan), misalnya dengan Perda Larangan Pelacuran yang rumusannya begitu berprasangka menempatkan perempuan sebagai penyebab tindak asusila, UU Pornografi (yang awalnya sempat merebak dengan istilah pornografi dan pornoaksi – yang indikasinya mengontrol perilaku dan tindakan individu-), menyuarakan larangan ber-KB dengan argumen untuk memperbanyak jumlah anak sehingga mereka bisa menjadi tentara-tentara Tuhan (Jundullah) yang bisa memenangkan pertarungan politik bahkan jihad melalui pertempuran di medan perang.įundamentalisme keagamaan sebenarnya merupakan potret kekuasaan patriarki yang beroperasi dengan menggunakan doktrin-doktrin agama. Reaksi sempat muncul dengan akan dihadirkannya Perda Injil di kota Manokwari, yang lagi-lagi hendak melarang perempuan muslimah berjilbab. Gejala itu muncul dalam beragam bentuk, seperti maraknya upaya melakukan ‘jilbabisasi perempuan’ melalui aturan pemakaian busana muslimah bagi siswi dan karyawati, aturan melarang perempuan keluar rumah pada malam hari pada jam tertentu tanpa disertai mahram (pemberlakuan jam malam bagi perempuan), segregasi lelaki dan perempuan di ruang publik, dan lain-lain. Dan peraturan daerah ataupun kebijakan yang dihadirkan itu kebanyakan bersifat simbolik dan ironisnya bernuansa melakukan kontrol atas tubuh perempuan. Gejala munculnya fundamentalisme sebagaimana pengertian yang disebutkan di atas dapat dilihat dari merebaknya kembali diskursus tentang Syariat Islam pasca tumbangnya pemerintahan Soeharto pada tahun 1998 yang mengawali era reformasi yang berlanjut dengan trend munculnya keinginan elit politik lokal untuk membuat aturan dan kebijakan bernuansa agama (baca: Syariat Islam) dan nilai-nilai lokal yang notabene mengandung pengertian kembali ke agama pula: seperti penyebutan Aceh sebagai Serambi Mekkah, lalu mengemukanya slogan adat basandi syarak dan syarak basandi kitabullah di Sumatera Barat, klaim-klaim beberapa daerah di Jawa Barat seperti Tasikmalaya dan Cianjur sebagai tatar santri, dan sebagainya. Gerakan ini menerapkan gaya generasi salafusshaleh, yang muncul sekitar 400 tahun setelah Rasul wafat, untuk meniru segala aspek kehidupan untuk kiranya mengopi peradaban yang lalu. Gerakan fundamentalisme Islam sendiri dapat dimaknai sebagai gerakan keagamaan (Islam) yang mempunyai agenda yang menjadikan Islam sebagai entitas politik, Islam sebagai sistem politik yang berujung pada pembentukan al-daulah al-Islamiyyah.

gpass durham

Dalam konteks dimana muslim adalah mayoritas penduduk, maka kesan yang nampak tentang fundamentalisme di Indonesia, tentulah yang terkait dengan Islam.

gpass durham

Sebagai sebuah fenomena, fundamentalisme keagamaan muncul di Indonesia dengan bentuk yang beragam.












Gpass durham